Thursday, October 4, 2018

Franchise Zaman Now : KEDAI KOPI


Menikmati kopi kini bukan saja sekedar ritual pagi semata namun sudah menjadi habitus sehari-hari. Trend kedai kopi ini semakin digemari masyarakat, khususnya generasi millenials serta bergeliat tumbuh subur dalam 2-3 tahun terakhir. Konsep kedai kopi memberikan peluang berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal, ragam inovasi menu, sajian unik yang berbasis kopi sebagai bahan utama. 

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan di lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffeacanephora) dan Kopi Arabika (Coffeaarabica). Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dari segi hasil produksi.

Secangkir kopi melalui proses panjang untuk dapat dinikmati, proses ini mulai dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi yang siap untuk diseduh.

Kopi Indonesia yang otentik dan unik semakin diburu oleh banyak penikmat kopi dari luar negeri, sebut saja Kopi Liberica, Toraja Sapan, Mandailing, Puntang, Gayo Aceh, Bali Kintamani, hingga Kopi Luwak dan Kopi Gajah serta masih banyak jenis kopi original daerah lainnya. Potensi ini yang dilirik pengusaha kedai kopi untuk mengembangkan bisnis kedai kopi di Indonesia. 

Kini #sobatexpo dengan mudah mendapatkan informasi seputar distributor kopi, pembibit, koperasi kopi, peralatan pendukung, hingga sekolah/kursus tentang kopi. Informasi peralatan usaha kopi pun semakin beragam, dapat dijelajah di internet. #sobatexpo dapat menentukan pilihan antara kedai kopi manual atau dengan menggunakan mesin kopi. Sekolah/kursus kopi pun dapat dilakoni sebagai dasar wawasan berbisnis kedai kopi. Lokasi berwirausaha yang tentu saja mempengaruhi jangkauan pelanggan menjadi faktor penting, tak lupa didukung dengan bantuan promosi di media sosial. Variasi menu pun bisa disesuaikan dengan trend yang sedang digemari atau tetap idealis dengan sajian khas kedai kopi #sobatexpo nanti. Selamat mencoba usaha kedai kopi #sobatexpo . 

Temukan lebih banyak referensi berwirausaha! Jangan lewatkan kegiatan Pameran Franchise & Peluang Usaha Nasional Terkini INFO FRANCHISE & BUSINESS CONCEPT 2018 “Waralaba Membangun Bangsa” pada 23-25 November 2018 di Balai Kartini, Jakarta. 

Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi_kopi_di_Indonesia

No comments:

Post a Comment