Tuesday, April 2, 2024

SIMAK TIPS JITU PRODUK UMKM TEMBUS PASAR JEPANG

 11 Juni 2023

Memiliki bisnis yang bisa menembus pasar Jepang tentu tidaklah mudah, namun bukan berarti mustahil. Asalkan produk yang dibuat para pelaku UMKM sesuai dengan kriteria pasar Jepang.

Menurut Counsellor ASEAN Nagoya Club Japan, Indra Kesuma Nasution, pasar Jepang memang sangat memperhatikan kualitas, detil produk, hingga keunikannya. Ia mencontohkan misalnya ketika ingin menjual produk craft, harus detail dan rapi.

“Kalau craft yang utama itu harus tidak menggunakan bahan kimia, harus menggunakan pewarna alami. Harus rapi jahitannya harus solid,” kata Indra saat ditemui di pameran Info Franchise & Business Expo (IFBC) 2023, Sabtu (10/6).

“Dipastikan tidak luntur kalau pakaian, makanya perlu dicoba. Kalau produk craft dipastikan bahwa orang atau pembeli tidak kecewa,” lanjutnya.

Selain itu, orang Jepang juga sangat suka dengan sesuatu yang unik. Oleh karenanya, produk yang punya ciri khas akan lebih dilirik pasar Jepang.

“Kalau kita punya kekhasan misalnya khas daerah Bandung coraknya begini, ditonjolkan. Tapi tetap jangan asal gitu,” ujarnya.

Selain menjelaskan tips tersebut, Indra juga berpesan untuk para pelaku UMKM agar tidak mudah menyerah dan terus belajar memperbaharui produk yang ditawarkan. Sehingga bisa dipasarkan sampai ke negeri Sakura.

(AA)

No comments:

Post a Comment