Nyalakan Semangat Wirausahamu di Pameran Franchise IFBC 2022 “Ready, Get Set, Grow” ICE BSD Tangerang
Tahun
ini merupakan momentum yang penting bagi wirausaha nasional Indonesia untuk
melakukan “The Great Rebound”
sekaligus memperkuat ketahanan wirausaha. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neopromosindo kembali hadirkan
Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise
& Business Concept 2022 di ICE BSD Tangerang 17-19 Juni 2022 lalu. Mengusung
tema “Ready, Get Set, Grow” rangkaian
pameran tahun ini diawali di Tangerang (untuk Jakarta dan sekitarnya),
merupakan kegiatan ke-156 kali sejak tahun 2006. Diikuti oleh setidaknya 135
merek usaha franchise & peluang usaha terkini juga usaha selebriti.
Tercatat transaksi 3 hari kegiatan mencapai 1,7 Triliun rupiah dan akan terus
bertambah. Pada kesempatan ini, AFI memberikan penghargaan antara lain; “IFBC Celebpreneur Award 2022” dan
“Penghargaan IFBC Akademisi Waralaba Indonesia” (Jumat 17/06) serta “Penghargaan
Top Franchise & Business Opportunity,
Indonesia Most Popular Brand In Digital Media 2021” (Sabtu 18/06). Tidak
hanya ragam usaha kekinian, pengunjung juga dapat mengikuti kurasi produk
kerajinan & fashion siap ekspor secara gratis, juga beragam talkshow
wirausaha insfightful di panggung
acara secara gratis.
Waralaba terkait memulai, mengembangkan dan ketahanan sistem bisnis sehingga menghasilkan bisnis yang terbukti sustainable dan menguntungkan. Asosiasi Franchise Indonesia bersama dengan PT Neo Expo Promosindo (Neopromosindo) pada tahun ini mengawali Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise dan Business Concept 2022 (IFBC) yang menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memilih ragam referensi peluang bisnis (franchise, peluang usaha, investasi, distributor, keagenan atau kemitraan) melalui sarana pameran di 4 kota besar Indonesia. Memasuki tahun rangkaian ke-16, rangkaian pameran ini akan hadir di Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Jakarta. Mengutip data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, kinerja perekonomian selama tahun 2021 terus mengalami perbaikan tumbuh 3,69%, meningkat dari tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2.07% year on year. Pertumbuhan waralaba di tahun 2021 tercatat ada 113 pemberi waralaba dalam negeri baru yang memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), naik 5% dari tahun sebelumnya. Kita bersama bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian selepas pandemi ini dengan berwirausaha.
Pameran
IFBC 2022 yang berlangsung selama 3 hari (Jumat s.d. Minggu) ini hadirkan lebih kurang 135 merek baik waralaba
maupun peluang usaha. Pameran buka pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Kegiatan yang disponsori oleh Bank OCBC NISP ini memberikan
kemudahan finansial bagi pelaku usaha dan memberikan promosi tiket masuk “beli
satu gratis satu” khusus nasabah OCBC NISP. Selaku sponsor, OY! Indonesia pun menawarkan
Digitalisasi Pembayaran Untuk Ekspansi Bisnis Pelaku Usaha. Berbagai macam bisnis franchise dan peluang
usaha di kegiatan pameran
IFBC 2022 ini tawarkan ragam peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari 5 Juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Pada sektor bisnis retail
terdapat Alfamart
(kebutuhan harian), Onna Prima Utama (retail dekorasi), Donggu Venusta (retail perlengkapan industri kuliner), Kimia
Market (retail bahan kimia), Shirudo
Lab (retail produk kesehatan), Falvia Personalize
Perfume (retail parfum), Apotek Asli Express
(retail produk kesehatan), dan Dealer
Motor Listrik Volta.
Ragam usaha keninian pada
segmen kuliner yang dihadirkan antara
lain Kebab Turki Babarafi, CFC
Indonesia, Sour Sally, Ngikan, Nyapii, Nyayap, Container Kebab, Pide Turkish Pizza, Nasi Kebuli Bilal, Ayam Gepuk Pak Gembus, Ayam Goreng Nelongso, Ayam Pusaka Abadi, Ayam Bebek Padeh, Ayam Bakar Mr.Bro, Bakso Wong Djojo, Bakso Kampungqu, Bakso Pejabat, Roti Ropi, Dokrezzz, Donut Tanpa Batas, Roti Gempi, Cbezt Fried Chicken, Yasaka Fried Chicken, SS Fried
Chicken, Bebek Terminal, Junior Fried Chicken, Nayz Bubur Bayi, Bakmi Naga Resto, Nasi
Kulit Padeh, Ketoprak
Wow, Bro Kitchen, Gorengan Naik Kelas, Tahu Jeletot Taisi, Kharisma Bahari, Eatpedia, Hungrybank, Hungrypedia, Chickensteak, Thick Toast, Ayam Forever, Cerita Dapur, Foodspace, dan
Tentang Pasta. Pecinta kuliner khas
Korea bisa temui usaha Gongjang, Kopi Chuseyo, Donbobo, Chicha San Chen, Oppa Corndog, dan Mogoyo. Kuliner
Khas Jepang tersedia Fukuramen, Tokyu Dorinku, Shimura Sushi, Tokio Street, Oto Bento, dan Ramen Level Up.
Sejumlah usaha selebriti berpartisipasi antara lain Burger
Bangor (Denny Sumargo), Chaca
Burgo (Chaca Federica), Menantea
(Jerome Polin), Sempatin
(Babe Cabita), Warkop
Naik Kelas (Handika Pratama), Tentang Kopi (Dwi Handika), Ramu Minuman Nostalgia (Rizky Febiyan), Basreng Gonjreng (Jenita Janet),
dan Bakso Bos Samson (Vicky Prasetyo). Peminat bisnis kopi kekinian dapat kunjungi usaha Kalijodo
Coffee, Dopamine Coffee & Tea, Coffeetamin, Merci Café, Kopi En Tea, Temu Kamu Coffee, Thick Coffee, Kopi Dari Hati, dan Jumpstart Indonesia. Bisnis minuman milenial yang dapat dikunjungi antara
lain Teapedia, Gulu-Gulu, Mynum, Meenum, Chocochiz, Es Teler Kapten, dan Es Teler 77. Bisnis air mium isi ulang yang terbukti bertahan saat
pandemi hadir diantaranya Air Minum Biru, Go Flow Air Minum, Daily Fresh Water,
dan Tesha 8+.
Peminat bisnis pendidikan bisa diskusi bersama Bimbel Echlo,
dan Great Nusa. Pada segmen bisnis properti
tersedia Samanea Property. Sedangkan
bisnis binatu (laundry) yang tidak pernah sepi penggemarnya, bisa temui seperti
The Daily Wash
Laundromat, Joss Laundry, Speed Queen dan Washteria.
Bisnis perawatan diri, kecantikan dan
kesehatan terdapat Royal Garden Spa, dan Barbertopia. Bisnis menarik lainya yang dapat dikunjungi;
Patina Design, Importir.org,
Entrepreneurs.id, CloudKitchen.id, dan Evlogia Organizer.
Untuk menunjang
kinerja bisnis pelaku usaha, hadir antara
lain; Bhumi Varta Technology (geo-location), Imin.id, d’Retail,
iSeller, Vireo, SisApp, Diantara Intermedia, PT Sari Teknologi
Indonesia, Indonetwork.co.id, dan
indotrading.com. Konsultasi perkembangan
bisnis dapat dilakukan di sejumlah stan pemamer antara lain Klinik Bisnis
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Direxion Global, DK Consulting,
Sahabat UMKM, dan Asosiasi Franchise Indonesia.
Pada hari pertama, Jumat (17/06)
acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan artis cilik Aurelia Skolastika
dengan lantunan lagu dan alunan biolanya yang indah. Masih dalam rangkaian
acara pembukaan, AFI berikan penghargaan “Apresiasi Akademisi Waralaba
Indonesia” kepada akademisi setingkat doktoral (S3) yang telah berkontribusi
dalam pemikiran dan berdasarkan penelitian terhadap perkembangan industri
waralaba nasional. Mereka antara lain; Ibu Prof.Dr.Lim Sanny, ST., MM., Bapak
Dr.Erwin Halim, MM., MBA., dan Bapak Indra Kesuma Nasution, Ph.D. Pada acara
pembukaan pameran IFBC 2022 Tangerang tersebut AFI & Neopromosindo berikan
“IFBC Celebpreneur Award 2022” kepada
para pengusaha selebritas yang tangguh & ulet dalam membangun bisnis
waralaba & peluang usaha hingga mencapai skala nasional, mereka antara
lain; Chacha Federica (Wynne Frederica,SE.,BBA) dengan merek usaha Chacha
Burgo, Bella Shofie Rigan dengan merek usaha Dabe Beaute’, Handika Pratama dengan merek usaha Warkop Naik Kelas,
Dwi Andika dengan merek usaha Tentang Kopi, Vicky Prasetyo dengan merek usaha
Bakso Bos Samson, Babe Cabita (Priya Prayoha Pratama Tanjung) dengan merek
usaha Sempatin, dan Jerome Polin Sijabat dengan merek usaha Menantea Minuman
Teh Buah Kekinian.
Peresmian pameran dilakukan dengan pengguntingan pita seraya bersama Nyala Bisnis Wirausaha oleh sejumlah VIP yang hadir diantaranya Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Drs.Anang Sukandar, CFE., perwakilan Bupati Tangerang (Ibu Dra.Resmiyati Marningsih,M.Si., staff ahli bidang SDM), perwakilan Kementerian Perdagangan RI (Bapak Ronny Salomo Maresa,SE.,Ak.,M.SE., Ketua Tim Distribusi Langsung & Waralaba, Direktorat Bina Usaha Perdagangan), Bapak Amir Widjaya dari Bank OCBC NISP (Marketing & Lifestyle Business Division Head), Bapak Sony Dwi Prasetyo dari OY! Indonesia (Lead Business Development), Ketua CEO Business Forum Indonesia (Bapak Jahja B Soenarjo), Ketua Asensi – Asosiasi Lisensi Indonesia (Ibu Susanti Widjaja), Presiden Direktur ICE BSD Bapak Ryan Adrian, CEO DK Consulting Bapak Djoko Kurniawan dan Consulor ASEAN Nagoya Japan Bapak Indra Kesuma Nasution,Ph.D.
Kegiatan kurasi produk UKM kerajinan dan fashion bersama
Sahabat UMKM dan ANC Japan berhasil memukau dan buka wawasan hadirin seputar
produk yang layak masuk pangsa pasar internasional, terutama Jepang. Celebpreneur Talkshow bersama Bella
Shofie Rigan (Jumat, 17/06) dan Rian d’Massive
(Minggu, 19/06) semakin menambah Nyala Bisnis para pengunjung pameran. Seminar
Terbuka “Pentingnya
Digitalisasi Pembayaran Untuk Ekspansi Bisnis” bersama OY! Indonesia membuka
wawasan cashflow bisnis pelaku usaha
(Sabtu, 18/06). Talkshow “Upgrade LABAMU di bisnis kuliner”
(Minggu, 19/06) membantu pebisnis meningkatkan laba melalui kecakapan
finansial. Terlebih disuguhkan pula seminar terbuka “Strategi Meningkatkan Bisnis Melalui
SEO di Era Digital” (Sabtu, 18/06). IFBC 2022 menjadi one stop
business solution untuk bersama-sama “ready,
get set, grow” di masa jelang endemik agar ekonomi bangsa dapat bangkit
kembali. Melewatkan kegiatan IFBC 2022 Tangerang kami di ICE BSD? Tenang,
rangkaian kegiatan IFBC 2022 berikutnya di Semarang 22-24 Juli 2022, Surabaya
9-11 September 2022 dan Jakarta 25-27 November 2022. Ini saatnya ciptakan
peluang berwirausaha pada gelaran Pameran Franchise & Peluang Usaha IFBC
2022. (/fdy)
Informasi pameran:
PT Neo Expo Promosindo
Fredy Ferdianto, Public Relations (0811-1747-484)
No comments:
Post a Comment