Friday, September 27, 2013

Roadshow Toys & Games Expo 2013 : Nov - Des 2013

BANNER WEB ROADSHOW TOYS
NATIONAL ROADSHOW TOYS & GAMES EXPO 2013
LATAR BELAKANG 
Di Yogyakarta pada tanggal 8-9 Desember 2012, NEO Organizer menyelenggarakan pameran yang bertajuk “Jogjakarta Toys & Hobbies Expo 2012” yang berhasil menarik perhatian 8.000 pengunjung dari Yogyakarta, Solo, Semarang, bahkan juga dari berbagai kota lainnya seperti Bandung, Jakarta, Bali dan lain-lain. Berkaca pada sukses tersebut dan masih di kota Yogyakarta, pada tanggal 9-10 Februari 2013, NEO Organizer kembali mengadakan pameran mainan yang kali ini bertajuk “Jogja Toys Fair 2013”. Pelaksanaan yang kedua kalinya di kota Yogyakarta ini mendapatkan animo masyarakat yang lebih besar lagi. Tercatat sekitar 10.000 pengunjung datang ke pameran tersebut. 
Dalam rangka memenuhi permintaan dari peserta pameran yang sangat antusias untuk berpameran, serta untuk ikut berperan dalam mengembangkan komunitas komunitas hobby di daerah dan juga menumbuhkan minat masyarakat akan mainan maka pada tanggal 6-7 April 2013, NEO Organizer kembali menyelenggarakan pameran yang kali ini diselenggarakaan di kota Solo dan bertajuk “Solo Toys Fair 2013” yang berhasil mendatangkan 5.000 pengunjung selama dua hari. Selanjutnya, pada tanggal 7-9 Juni 2013, NEO Organizer menyelenggarakan pameran yang bertajuk “Bandung Toys & Hobbies Expo 2013” yang kali ini dilengkapi dengan adanya berbagai kegiatan kompetisi nasional dan international seperti International Swap Meet Die Cast, Kejurnas Tamiya, dan International RCDI Competition. Animo masyarakat Bandung dan sekitarnya cukup besar. Tercatat lebih dari 15.000 pengunjung datang ke pameran yang diselenggarakan selama 3 hari ini. Berbagai peserta lomba, pengunjung dan penggemar dari berbagai kota di Indonesia hadir pada kesempatan kali ini. Merujuk pada kesuksesan diatas, apresiasi dari berbagai pihak pun berdatangan. Tidak hanya dianggap telah berhasil menyelenggarakan sebuah event yang bertema mainan di daerah, namun juga event-event tersebut berhasil menjadi wadah berkumpulnya komunitas-komunitas mainan di daerah serta dianggap mampu menghidupkan gairah pertumbuhan industri mainan skala kecil dan menengah di daerah. 
Sampai dengan saat ini, NEO Organizer telah tercatat memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai komunitas mainan dan hobby di berbagai kota di Indonesia seperti Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI), S.H.Figuarts Indonesia, Komunitas S.I.C. Indonesia (KSI), Pusat Ngumpulnya Diecaster (PND), PDB (Pecinta Diecast Bandung), DD (Dewata Diecast), SDC (Surabaya Diecast Club), NDC (Ngapak Diecaster Community) – Komunitas Diecast Purwokerto, DTM (Diecast Toys Malang), Jogja Racing Team (JRT), Paguyuban Diecast Solo (Padiso), STOC (Semarang Toys Community), TOMOCI (Toys & Model Collector Indonesia), HW Track, Track 1, Peri Kertas Jogja, Peri Kertas Solo, Kaskus Regional Jogja, Kaskus Regional Solo, Blackrose Community (Comunitas Cosplay Jogja), Jogja Slooper Communnity – Komunitas Tamiya Jogja, Solo Slooper Raya – Komunitas Tamiya Solo, Indonesia Zombie Community (IZOC), Visual Shock Community Solo (VOC Solo) – Komunitas Cosplay Solo, Indonesia Nunchaku Community (INC) Chapter Solo, AD-44 Solo Yoyo Club, dan masih banyak lagi komunitas mainan & hobby lainnya yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.     

TUJUAN 
Berdasarkan pada hal-hal yang disebutkan sebelumnya dan juga mempertimbang proyeksi perkembangan event di masa yang akan datang, maka secara garis besar, tujuan diadakannya kegiatan “NATIONAL ROADSHOW TOYS & GAME EXPO 2013” dapat di uraikan sebagai berikut:
  1. Menyelenggarakan kegiatan pameran sebagai wadah berkumpulnya komunitas mainan & hobby di berbagai daerah di Indonesia.
  2. Menjadi sarana pertumbuhan usaha mainan terutama untuk skala menengah ke bawah dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertemu langsung dengan konsumen potensial di berbagai daerah di Indonesia.
  3. Menjadi ajang rekreasional, berkompetisi, dan berkomunitas bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
  4. Memperluas dan memperkuat jaringan yang sudah terbentuk sebelumnya dengan mengembangkan tema event ke bidang Game yang telah memiliki jaringan kelompok pengguna dan komunitas yang telah cukup banyak berkembang di Indonesia. Diharapkan dengan adanya pengembangan tema ini, jumlah pengunjung dan komunitas-komunitas yang terlibat akan semakin luas dan beragam.
 IKLAN MAJALAH (1)

RANGKAIAN KEGIATAN 
Kegiatan utama dalam “NATIONAL ROADSHOW TOYS & GAME EXPO 2013” adalah kegiatan eksibisi atau pameran yang di dalamnya terdapat beberapa sub kegiatan seperti kompetisi balap Die Cast, Tamiya, Remote Control, kompetisi CosPlayer, dan berbagai macam sub kegiatan lainnya yang sifatnya menunjang kegiatan utama. Adapun jadwal kegiatan  “NATIONAL ROADSHOW TOYS & GAME EXPO 2013” adalah sebagai berikut:
  1. Malang, 9-10 November 2013, venue: Taman Krida Budaya Malang
  2. Semarang, 23-24 November 2013; venue: Rimba Graha Semarang
  3. Jogja, 7-8 Desember 2013; venue: Jogja Expo Center
Floor Plan Taman Krida Malang (2)
Floor Plan Rimba Graha Semarang (2)
Floor Plan Jogja Expo Center (2)
Dalam setiap pelaksanaannya, pameran di tiap-tiap kota tersebut diatas akan diramaikan dengan berbagai aktivitas yang melibatkan berbagai unsur komunitas dan elemen masyarakat dari berbagai kalangan usia diantaranya sebagai berikut:
  1. Race Diecast
  2. Cosplay Competition
  3. Race Tamiya
  4. RC Competition
  5. Online Games Competition
  6. dll

PESERTA PAMERAN 
Beberapa kategori bidang usaha yang termasuk dalam criteria peserta pameran “NATIONAL ROADSHOW TOYS & GAME EXPO 2013” adalah sebagai berikut:
  1. Die Cast Seller
  2. Action Figures & Hobby Shop
  3. Dolls & Accessories Shop
  4. Educational Toys & Models
  5. Online Games
  6. Games Developer
  7. Comic Publisher & Collector
  8. Magic & Magical Equipment Shop
  9. Sports & Hobby Equipment
  10. Animation School
  11. Etc

KOMUNITAS 
Ada hampir 100 komunitas dari berbagai daerah di Indonesia yang akan turut diajak kerjasama dan berpartisipasi dalam mensukseskan “NATIONAL ROADSHOW TOYS & GAME EXPO 2013” ini. Terutama diantaranya adalah:
  1. Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI)
  2. Pusat Ngumpulnya Diecaster (PND)
  3. PDB (Pecinta Diecast Bandung)
  4. TOMOCI (Toys & Model Collector Indonesia)
  5. HW Track
  6. Indonesia Zombie Community (IZOC)
  7. Jogja Racing Team (JRT)
  8. Semarang Toys Community (STOC)
  9. Kaskus Regional: Jogja, Solo, Bandung, dll
  10. Indonesia Nunchaku Community (INC)
  11. Peri Kertas Indonesia
  12. Dan sebagainya

PROMOTION PLAN 
Rencana promosi yang akan dilaksanakan secara garis besar adalah sebagai berikut:
  1. Iklan Display Surat Kabar Utama di setiap Kota Penyelenggaraan sebanyak 3 kali tayang.
  2. BALIHO ukuran 3 x 5 m sebanyak minimal 1 titik.
  3. Round Tag (Rontek)  sebanyak 40 s/d 50 titik.
  4. Poster 10.000 pcs.
  5. Flyer 20.000 pcs.
  6. Iklan Adlips Stasiun Radio (Tentative)
  7. Liputan Media Televisi Lokal maupun Nasional (Tentative)
  8. Email Blast include Mailing List
  9. Web Promo
  10. Social Media Promo (Facebook, Twitter, Kaskus, etc)
  11. SMS Broadcast
  12. Jaringan Komunitas (Lebih dari 100 komunitas di seluruh Indonesia)
  13. Dan Lain-Lain

Teknis pelaksanaan dan detail aktifitas promosi akan berbeda dari satu kota ke kota yang lain. Disesuaikan dengan karakteristik masing-masing kota.   

Info & Pendaftaran Stand : 
NEO Organizer Jogja 0274-389767 
www.neopromosindo.com  

No comments:

Post a Comment